Type Here to Get Search Results !

Benny Wenda: Selamat Hari Kemerdekaan PNG

Pernyataan | Edisi, 15 September 2023

Saya mengucapkan selamat dan harapan hangat kepada keluarga Melanesia kami di Papua Nugini pada hari kemerdekaan mereka. Saya berharap tahun depan adalah tahun yang stabil, sejahtera, dan bahagia bagi seluruh rakyat Papua.

Saat Anda merayakan kemerdekaan Anda, saya harap Anda akan mengingat saudara-saudari Anda di sebelah di West Papua yang masih berjuang dalam pertempuran yang sama seperti yang Anda menangkan pada 48 tahun lalu. Di bawah pemerintahan Indonesia, kita tidak bisa hidup bebas, sebagai orang Papua, Melanesia, dan sebagai orang Kristen.

Kita dipisahkan oleh perbatasan kolonial – garis Eropa sewenang-wenang yang tergambar di peta. Cenderawasih bisa terbang dari satu sisi ke sisi lain tanpa melewati pos pemeriksaan militer atau diinterogasi oleh tentara Indonesia. Beginilah cara nenek moyang kita beroperasi selama ribuan tahun, dan banyak dari kita yang masih memiliki kebun dan kerabat di kedua sisi perbatasan. Kami satu keluarga, satu budaya, satu umat, satu hutan, satu pulau, dari Sorong sampai Samarai.

Saya tahu suatu saat nanti kita bisa duduk dan merayakan kemerdekaan bersama. Sampai saat itu tiba, saya meminta seluruh rakyat Papua Nugini untuk mendoakan kemerdekaan kami, mengibarkan Bintang Kejora di samping bendera PNG, dan mendukung perjuangan kami dengan cara apa pun yang Anda bisa.

Tuhan memberkati rakyat Papua Nugini.

Benny Wenda 
Presiden
Pemerintah Sementara West Papua
--
(https://www.bennywenda.org/2023/benny-wenda-happy-independence-day-to-papua-new-guinea/)

#WestPapua #PapuaNewGuinea #IndependenceDay #NewGuinea #NewGuineaIslands #SorongSamarai

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies