Type Here to Get Search Results !

HIMBAUAN UMUM AKSI DAMAI MENDUKUNG KEANGGOTAAN PENUH WEST PAPUA (ULMWP) DI MELANESIAN SPEARHEAD GROUP (MSG)

“West Papua for Full Membership MSG 2023”


Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Melanesian Spearhead Group (MSG) atau MSG Leader Summit dijadwalkan akan berlangsung pada bulan ini, Juli 2023 bertempat di kantor Sekretariat MSG, di Port Vila, Ibukota Negara Republik Vanuatu, dimana pada pertemuan ini akan turut dihadiri juga oleh Presiden Pemerintah Sementara ULMWP, Hon. Benny Wenda bersama dengan delegasinya.
Pada tahun 2015, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) telah diterima menjadi anggota MSG dengan status keanggotaannya sebagai ‘Observer’ atau anggota ‘Pengamat’.
Selang beberapa tahun, ULMWP mulai bekerja keras melakukan lobi-lobi politik kepada anggota tetap MSG dalam rangka memperjuangkan peng-upgrade-tan status keanggotaan dari ‘Observer Member’ menjadi ‘Full Member’.
Pada tahun 2019 dalam KTT-MSG yang berlangsung di Port Moresby, Ibukota Negara Papua New Guinea (PNG), ULMWP dinyatakan memenuhi syarat kriteria keanggotaan yang selanjutnya diproses di sekretariat.
Setelah tenggang waktu yang lama akibat pandemi global Covid-19, tahun 2023 ini KTT MSG kembali akan berlangsung dengan bertatap muka bertempat di Sekretariat MSG di Port Vila, Vanuatu, setelah beberapa pertemuan MSG sebelumnya dilakukan via daring. Agenda keanggotaan West Papua melalui United Liberation Movement for West Papua telah berada di meja Melanesian Spearhead Group (MSG) dan akan menjadi bagian dari kebijakan yang akan diputuskan para pemimpin MSG nanti.
Dengan penuh harapan kepada para pemimpin MSG agar secara kolektif dapat berkomitmen untuk menempatkan West Papua menjadi full member melalui KTT-MSG tahun ini.
Untuk itu, dalam rangka mendukung agenda keanggotaan penuh West Papua di MSG, kami menghimbaukan kepada seluruh rakyat West Papua dan elemen perjuangan bangsa Papua dimana saja berada untuk dapat melakukan dukungan secara damai dan bermartabat dalam bentuk demonstrasi damai, mimbar bebas, diskusi-diskusi publik, ibadah, doa dan puasa serta kampanye di jejaring media secara maksimal sejak tanggal himbauan ini dikeluarkan sampai dengan puncak pelaksanaan KTT MSG yang akan berlangsung bulan ini (Juli 2023).

Dukungan dapat dilakukan
dengan Thema Central berikut:
“West Papua for Full Membership MSG 2023”
Selain thema central di atas, thema turunan lain yang dapat digunakan adalah:
(1) Bring Back West Papua to the Melanesia Family,
(2) Melanesia is Not Free,
(3) West Papua for MSG
(4) Full Membership for MSG.
Demikian himbauan umum ini kami keluarkan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.
Port Numbay, 07 Juli 2023
KEMENTERIAN URUSAN POLITIK PEMERINTAH SEMENTARA UNITED LIBERATION
MOVEMENT FOR WEST PAPUA (ULMWP)
BAZOKA LOGO
MENTERI

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies