Type Here to Get Search Results !

FIJI Bersinar Untuk ULMWP

Oleh Len Garae 12 jam yang lalu

Mr. Morris Kaloran, Wakil Menteri Luar Negeri Pemerintah Sementaera West Papua

Tuan Morris Kaloran, Wakil Menteri Luar Negeri Interim United Liberation Movement of West Papua (ULMWP), telah dipuji oleh Fiji atas teknik intervensinya yang berhasil selama upaya Tim Lobi terbaru.
Pak Kaloran mendesak Vanuatu untuk "mengangkat kaus kakinya" atau Fiji akan mencetak (gol) di KTT MSG (Melanesian Spearhead Group) berikutnya di Port Vila.
Setelah mendengarkan dengan saksama Presiden Sementara ULMWP Benny Wenda menyampaikan himbauannya, Perdana Menteri (PM) Sitiveni Rabuka dikabarkan pernah mengatakan, “Tahun 1989 sebelum Fiji menjadi anggota penuh MSG, sebagai Perdana Menteri saat itu, saya melamar untuk Fiji menjadi Pengamat dan dari sana, kami menjadi anggota penuh”.
Tuan Kaloran mendorongnya untuk menggunakan pendekatan Fiji untuk mendorong Aplikasi ULMWP untuk memasukkan MSG, yang menurut PM Rabuka mengesankan. Dia menyarankan kepada Tim Lobi untuk memulai dengan berbicara dengan Paramount Chiefs of Fiji, hanya untuk mengetahui bahwa mereka telah bertemu dengan mereka. Paramount Chiefs telah mengundang Tim Lobi untuk menghadiri Rapat Dewan Agung Chiefs di bulan Mei.
Pak Kaloran menjelaskan kepada PM Rabuka bagaimana Perdana Menteri Vanuatu akan dimohonkan petisi oleh para pemimpin melalui adat untuk berkontribusi pada puncak permintaan mereka untuk memasuki MSG.
Wakil Menteri Sementara, yang menikah dengan seorang wanita Fiji dari sekitar Rewa, kembali ke Port Vila setelah seminggu melobi tiga pilar Masyarakat Fiji: Kepala Tertinggi dari tiga Wilayah Fiji, Dewan Pasifik yang berbasis di Suva Gereja, dan Pemerintah Fiji. Orang Fiji memperlakukan mereka dengan baik, dan bahkan partai politik mereka memiliki perwakilan pemuda yang bertemu dengan mereka selama upaya lobi mereka.
Wakil Menteri Luar Negeri Sementara memuji bagaimana Fiji memperlakukan mereka dan persiapan menyeluruh mereka untuk ULMWP secara keseluruhan.
Orang Fiji menemui mereka di bandara dengan Pejabat Pemerintah terkait, menyediakan transportasi resmi ke semua tempat mereka berdasarkan rencana perjalanan mereka, dan membayar semua makanan mereka.
Meski Perdana Menteri terlalu sibuk dengan Pacific Island Forum (PIF) di Suva, dia masih menyempatkan diri untuk bertemu dengan mereka di Nadi.
Wakil Menteri Luar Negeri Sementara menyatakan, “Mungkin yang harus kita pelajari di Vanuatu dari Fiji adalah bahwa ketika para pemimpin tersebut datang untuk bertemu dengan para pemimpin tertentu di Pemerintahan, Kementerian yang bertanggung jawab harus segera berhubungan dengan Kementerian terkait untuk mengadakan pertemuan semacam itu”.
Dia menyarankan dukungan yang lebih praktis untuk ULMWP, termasuk kegiatan penggalangan dana seperti di Australia, Belanda, dan di tempat lain.
Pak Kaloran menyarankan agar Pemerintah Vanuatu menyediakan paspor diplomatik untuk tim Pak Wenda, karena mereka membawa paspor Australia dan Inggris. Dia mengatakan Vanuatu menyediakan dana untuk menyatukan faksi-faksi besar Papua Barat untuk membentuk ULMWP pada 2014.
Ket. Foto: Interim Deputy Minister for Foreign Affairs of ULMWP, Mr. Morris Kaloran
_______

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies