Type Here to Get Search Results !

Wenda Menyerukan politisi Euro untuk Menandatangani Deklarasi Brussel tentang West Papua

Oleh editor April - 25 Januari 2024

https://asiapacificreport.nz/2024/01/25/wenda-calls-on-euro-politicians-to-sign-brussels-declaration-on-west-papua/?fbclid=IwAR38t09-PO6YFOiGJxfPAsPImXRTP1bhIgEMfZdpk2DnRWGrZwCZGQXigDg

𝙇𝙖𝙥𝙤𝙧𝙖𝙣 𝘼𝙨𝙞𝙖 𝙋𝙖𝙨𝙞𝙛𝙞𝙠

Seorang advokat terkemuka West Papua menyambut baik peluncuran Deklarasi Brussel minggu ini di Parlemen Eropa, dan menyerukan kepada anggota parlemen untuk menandatanganinya.

“Deklarasi ini merupakan dokumen penting, yang menggemakan seruan yang ada untuk kunjungan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia ke West Papua yang dibuat oleh Forum Kepulauan Pasifik (PIF) , Organisasi Negara-negara Afrika, Karibia, dan Pasifik (OACPS) , dan Organisasi Negara-negara Afrika, Karibia, dan Pasifik (OACPS). Melanesia Spearhead Group (MSG) ,” kata Presiden United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda. 

“Saya meminta semua anggota parlemen yang mendukung hak asasi manusia, akuntabilitas, dan pengawasan internasional untuk menandatanganinya.”

Deklarasi Brussel, yang diselenggarakan oleh Parlemen Internasional untuk West Papua (IPWP), juga telah meluncurkan fase baru dalam kampanye kunjungan PBB.

Anggota parlemen Eropa Carles Puigdemont, mantan presiden negara bagian Catalonia yang memisahkan diri secara ilegal dari Spanyol pada tahun 2017 dan mantan jurnalis dan editor, mengatakan dalam pertemuan tersebut bahwa UE harus segera menghentikan negosiasi perdagangannya dengan Indonesia sampai Jakarta mematuhi “kehendak” negara tersebut. komunitas internasional” dan memberikan akses kepada PBB.

“Enam tahun telah berlalu sejak undangan awal kepada Komisaris Tinggi dibuat – enam tahun di mana ribuan warga West Papua telah terbunuh dan lebih dari 100.000 orang mengungsi,” kata Wenda.

“Indonesia telah berulang kali menunjukkan bahwa kata-kata kecaman saja tidak cukup. Tanpa tekanan nyata, mereka akan terus bertindak dengan impunitas total di West Papua.”

'𝙎𝙚𝙧𝙪𝙖𝙣 𝙩𝙚𝙧𝙥𝙖𝙙𝙪'

Wenda mengatakan seruan untuk menghentikan perundingan perdagangan Eropa dengan Indonesia tidak hanya dilakukan oleh dirinya sendiri, LSM, atau masing-masing negara.

“Ini adalah seruan terpadu dari hampir separuh dunia, termasuk Komisi Eropa, untuk melakukan penyelidikan internasional di Papua Barat yang diduduki,” katanya.

“Jika Indonesia terus menolak akses, mereka hanya akan membuktikan benar semua akademisi, pengacara, dan aktivis yang menuduh mereka melakukan genosida di West Papua.

“Jika tidak ada yang disembunyikan, mengapa harus dirahasiakan?”

Sejak tahun 2001, UE telah menghabiskan jutaan euro untuk mendanai pemerintahan Indonesia di West Papua melalui undang-undang “Otonomi Khusus” kolonial yang kontroversial.

“Uang ini seharusnya diperuntukkan bagi kemajuan 'demokrasi, masyarakat sipil, [dan] proses perdamaian',” kata Wenda.

“Mengingat West Papua telah mengalami kolonialisme, penindasan, dan kekerasan polisi dan militer selama 20 tahun, kita harus mempertanyakan ke mana perginya dana tersebut.

'𝙏𝙖𝙣𝙖𝙝 𝙮𝙖𝙣𝙜 𝙙𝙞𝙙𝙪𝙙𝙪𝙠𝙞'

“West Papua adalah tanah yang diduduki. Kami tidak pernah menggunakan hak kami untuk menentukan nasib sendiri, yang telah diambil secara kejam dari kami pada tahun 1963.

“Negara-negara dan badan-badan internasional, termasuk Uni Eropa, tidak boleh melakukan investasi di West Papua sampai hak fundamental ini terwujud. Perusahaan dan korporasi yang berdagang dengan Indonesia atas tanah kami secara langsung mendanai genosida kami.”

Wenda menambahkan “kita tidak bisa membiarkan Indonesia menyembunyikan masalah ini – West Papua tidak bisa menunggu lebih lama lagi”.
______
https://asiapacificreport.nz/2024/01/25/wenda-calls-on-euro-politicians-to-sign-brussels-declaration-on-west-papua/?fbclid=IwAR38t09-PO6YFOiGJxfPAsPImXRTP1bhIgEMfZdpk2DnRWGrZwCZGQXigDg

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies