Type Here to Get Search Results !

Gereja Pasifik sambut baik langkah MSG tentang utusan khusus Papua Barat



Jayapura, Jubi – Konferensi Gereja-Gereja Pasifik (PCC) mengatakan mereka “menyambut baik langkah Melanesia Spearhead Group (MSG) untuk terlibat lebih jauh dengan Indonesia mengenai situasi di West Papua dan menyerukan proses keterlibatan inklusif yang tidak mengecualikan orang West Papua dari talanoa.”
Sekretaris Jenderal Padre James Bhagwan mengatakan PCC “keterlibatan ULMWP sebagai pengamat MSG perlu diamankan oleh para PM agar proses ini memiliki legitimasi.” Sebagaimana dikutip Jubi dari rnz.co.nz.

Namun, PCC juga menyerukan adanya kelompok masyarakat, termasuk masyarakat sipil untuk mendampingi proses tersebut demi transparansi.

“Situasi di Papua Barat juga akan menjadi agenda Majelis Umum [PCC] ke-12, yang akan dimulai sepekan lagi di Kanaky-Kaledonia Baru,” kata Padre Bhagwan pada akun twitternya yang dikutip rnz.co.nz, Rabu (8/11/2023).

“Majelis Umum PCC diperkirakan akan mengumpulkan hampir 200 delegasi dari 35 gereja dan 12 dewan gereja nasional dan organisasi keagamaan regional dari lebih dari 18 negara dan wilayah Kepulauan Pasifik, menjadikannya majelis konstituante terbesar di kawasan,” tambahnya.

Sementara itu, Melanesian Spearhead Group telah menunjuk Perdana Menteri Fiji, Sitiveni Rabuka, dan PM Papua Nugini, James Marape, sebagai utusan khusus ke Indonesia untuk “menangani masalah Papua Barat”. Sebuah langkah yang disambut baik oleh Konferensi Gereja-Gereja Pasifik.

Kelompok sub-regional tersebut bertemu dalam pertemuan kaukusnya pada hari Senin (waktu Kepulauan Cook) menjelang pembukaan resmi Pertemuan Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik ke-52 di Rarotonga, di mana Rabuka mengusulkan pengiriman perwakilan ke Indonesia untuk memfasilitasi dialog mengenai situasi Papua Barat.

Mandat Rabuka dan Marape adalah bertemu dengan Presiden Indonesia, Joko Widodo, untuk membahas masalah mendesak di Papua Barat.

Kaukus MSG mencapai konsensus bahwa pengiriman utusan tingkat menteri, dibandingkan dengan utusan tingkat birokrasi, akan menjadi pendekatan yang paling efektif untuk mengatasi masalah Papua Barat.

“Tadi hari ini, Kaukus Melanesian Spearhead Group menunjuk saya sebagai Utusan Khusus untuk mengatasi masalah West Papua,” tulis Rabuka di platform media sosial X (sebelumnya Twitter).

“Bersama Perdana Menteri James Marape dari Papua Nugini [PNG], kami ditugaskan untuk bertemu dengan Presiden Indonesia untuk membahas masalah mendesak ini.”

Pada Agustus, para pemimpin MSG gagal mencapai konsensus di Port Vila untuk menerima tawaran United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) untuk menjadi anggota penuh kelompok sub-regional, sehingga menunda masalah ini ke Pertemuan Pemimpin Forum Pasifik (PIF).

Menteri Perubahan Iklim Vanuatu, Ralph Regenvanu, mengatakan penunjukan Rabuka dan Marapae adalah “langkah tambahan” dalam masalah Papua Barat.

“Ini adalah langkah tambahan yang disetujui oleh MSG yang melengkapi keputusan PIF dan MSG yang ada untuk penilaian independen oleh Komisaris Hak Asasi Manusia PBB dan kunjungan pemimpin MSG ke Papua Barat,” tulis Regenvanu di X. (*)

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies