Type Here to Get Search Results !

Papua TerkiniFestival Seni dan Budaya Melanesia ke-7, Tak Ada Bendera atau Sinbol dari Indonesia

Laporan khusus oleh Yamin Kogoya

TRIBUN-PAPUA.COM – Vanuatu menjadi tuan rumah pelaksanaan Festival Seni dan Budaya Melanesia (MACFEST) ke-7 tahun ini, yang dibuka Rabu lalu dan berakhir Senin depan 31 Juli 2023.

Dalam acara tersebut Melanesian Spearhead Group (MSG) mengambil tema; “Membangun kembali Melanesia kita untuk masa depan kita”.

Acara ini diselenggarakan oleh MSG, yang meliputi Fiji, Front de Libération Nationale Kanak et Socialiste (FLNKS) Kaledonia Baru, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu.

Selain anggota resmi MSG, Papua Barat, Maluku, dan Selat Torres juga disambut dengan bendera dan simbol budaya masing-masing.

Meskipun Indonesia adalah anggota asosiasi MSG, tidak ada bendera atau simbol budaya Indonesia yang terlihat di festival tersebut.

Tindakan ini – pengucilan Indonesia – saja berbicara banyak tentang esensi dan karakteristik dari apa yang membentuk budaya dan nilai Melanesia.

Peristiwa ini merupakan peristiwa penting yang terjadi setiap empat tahun di antara negara-negara anggota Melanesia.

Situs web MSG di bawah bagian Seni dan Budaya mengatakan:

"Program Seni dan Budaya merupakan pilar penting dalam pembentukan MSG. Di bawah prinsip-prinsip kerja sama yang disepakati di antara negara-negara merdeka di Melanesia, ditandatangani di Port Vila pada 14 Maret 1988, dan antara lain, MSG berkomitmen pada prinsip-prinsip, dan menghormati dan mempromosikan budaya, tradisi, dan nilai-nilai Melanesia serta masyarakat adat lainnya."

1998: MACFEST pertama diadakan di Kepulauan Solomon dengan tema, “Satu orang, banyak budaya”.
2002: Vanuatu menjadi tuan rumah acara MACFEST kedua dengan tema, “Melestarikan perdamaian melalui berbagi pertukaran budaya”.
2006: “Budaya yang hidup, tradisi yang hidup” menjadi tema acara MACFEST ketiga yang diselenggarakan di Fiji.
2010: Acara MACFEST keempat diadakan di Kaledonia Baru dengan tema “Identitas kita ada di depan kita”.
2014: Papua Nugini menjadi tuan rumah MACFEST kelima, dengan tema “Merayakan keragaman budaya”.
2018: Kepulauan Solomon menjadi tuan rumah MACFEST edisi keenam dengan tema “Kenangan masa lalu, koneksi masa depan”.
2023: Vanuatu adalah negara unggulan dalam edisi ketujuh, dengan slogan “Membangun kembali Melanesia kita untuk masa depan kita”.

Pencitraan, retorika, warna, dan irama yang dipamerkan di Port Vila adalah manifestasi kolektif dari kata-kata yang tertulis di situs web MSG.

Ada upacara penyambutan yang disatukan dalam suasana kehangatan, persaudaraan, dan persaudaraan dengan banyak tradisi budaya Melanesia yang penuh warna yang dipamerkan.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies