Type Here to Get Search Results !

PRESIDEN WENDA: West Papua BERDUKA ATAS HILANGNYA PEJUANG KEMERDEKAAN TOM BEANAL


30 Mei 2023 | dalam Pernyataan;

Saya sangat sedih untuk mengumumkan kematian Tom Beanal, seorang pejuang kemerdekaan Papua Barat, Ketua Dewan Presidium Papua, dan pemimpin Dewan Adat Amungme. Atas nama ULMWP dan rakyat West Papua, saya mengirimkan simpati dan belasungkawa saya kepada keluarga Tom, teman-teman, serta semua orang yang dia inspirasi untuk bergabung dalam perjuangan.

Tom adalah anggota suku Amungme. Bersama dengan orang Kamoro, Amungme telah menjadi korban utama Tambang Grasberg, tambang emas dan tembaga terbesar kedua di dunia, yang dibuka dan dioperasikan oleh perusahaan tambang AS Freeport McMoran. Orang Amungme dan Kamoro adalah pemilik tanah asli – suku yang telah merawat dan melindungi hutan mereka selama ribuan tahun. Tapi mereka terpaksa menyaksikan tanah mereka dihancurkan, secara fisik dan spiritual, oleh aliansi perusahaan besar dan pemerintah Indonesia.

Sebagai pemimpin sukunya, Tom berjuang dengan gigih melawan pendudukan ilegal Indonesia. Setelah pembunuhan pemimpin Dewan Papua Theys Eluay yang disponsori negara, Tom – yang merupakan wakil Eluays – menjadi sasaran sebagai korban Indonesia berikutnya. Ini adalah bagian dari upaya Indonesia untuk menghancurkan Papuan Spring, sebuah pemberontakan damai besar dari tahun 1999-2000. Saya adalah seorang pemuda saat ini dan terinspirasi oleh semangatnya. Bersama-sama, kami bergerak untuk Kongres Rakyat Papua pada bulan Juni 2000, yang menolak kolonialisme Indonesia dan menyerukan penentuan nasib sendiri yang sebenarnya untuk West Papua. Karena pembunuhan Eluays dan pemenjaraan saya, bersamaan dengan represi brutal Indonesia terhadap para pemimpin lainnya, musim semi Papua tidak mencapai tujuannya untuk pembebasan.

Meskipun Tom sendiri diracuni oleh rezim kolonial, menderita kelumpuhan sebagai akibatnya, keinginannya untuk bebas tidak berubah. Belakangan, atas nama orang Amungme, Tom mengajukan gugatan AS terhadap Freeport atas perusakan lingkungan Papua dan keterlibatan mereka dalam genosida budaya Papua Barat.

Tom Beanal melakukan semua yang dia bisa untuk rakyatnya, dan saya bergabung dengan semua orang Papua Barat untuk berduka atas kematiannya yang menyedihkan. Namun meski secara fisik beliau telah tiada semangatnya terus memberkati perjuangan kemerdekaan kita. Saya ingin meyakinkan semua orang Papua Barat, dan terutama orang Amungme dan Kamoro, bahwa kami akan terus berjuang untuk impian pembebasannya.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies