Type Here to Get Search Results !

Pendeta Yoman: Tuhan tidak larang Papua merdeka, tetapi aksi kekerasan

Presiden PGBWP Pendeta Nduma Socrates Sofyan Yoman - Jubi/Yance Wenda.

Jayapura, Jubi – Persekutuan Gereja-Gereja Baptis West Papua menyatakan keperihatinan mendalam atas berbagai tindak kekerasan yang terus berulang di Tanah Papua. Pihak Gereja diminta menunjukan keberpihakan mereka terhadap keadilan dalam krisis kemanusiaan tersebut

“Kejadian di Nduga, Intan Jaya, penembakan terhadap Pendeta Yeremias (Zanambani) dan warga sipil lain, apakah ini kesuksesan dari otonomi khusus? Gereja-Gereja di Tanah Papua harus berbicara soal (penegakkan) hak-hak orang Papua yang  ditindas,” kata Presiden Persekutuan Gereja-Gereja Baptis West Papua (PGBWP) Pendeta Nduma Socrates Sofyan Yoman.

Yoman menyatakan itu dalam khotbah Natal dan Deklarasi Tema Natal PGBWP di gedung ibadah Itawakhum Purom, Jayapura, Kamis (3/12/2020). Dia berharap tidak ada lagi duka dan banjir air mata menyertai perayaan Natal di Papua.

“Natal harus disambut penuh suka cita, tetapi kenapa kekerasan masih saja terjadi di Tanah Papua. Apa ada yang salah pada Gereja? Mari kita merefleksi diri, dan Gereja-Gereja Baptis harus melawan stigma (ketidakadilan) ini,” ucapnya.

Pendeta Yoman dalam khotbahnya juga mengajak jemaat mendoakan Tuhan menaikan martabat pemerintah sehingga tidak terjadi lagi aksi kekerasan. Selain itu, mendoakan para pejuang yang membela kepentingan rakyat dan kemerdekaan Papua.

“Saatnya bagi Gereja berbicara dari atas mimbar. Tuhan dalam Alkitab tidak melarang West Papua merdeka, tetapi melarang saling membunuh (kekerasan terhadap warga sipil),” tegasnya.

Perayaan Natal dan Deklarasi Tema Natal PGBWP dihadiri jemaat dari sembilan gereja di Kota dan Kabupaten Jayapura. Mereka antusias dan khidmat dalam perayaan tersebut.

“Kami mengapresiasi kehadiran jemaat. Atas kerja sama mereka, kegiatan ini berjalan lancar,” kata Ketua Panitia Natal PGBWP Romi Yoman. (*)


Editor: Aries Munandar

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies