Type Here to Get Search Results !

๐’๐ž๐ฉ๐š๐ซ๐š๐ญ๐ข๐ฌ ๐๐š๐ฉ๐ฎ๐š ๐๐š๐ซ๐š๐ญ ๐Œ๐ž๐ง๐๐ž๐ค๐ฅ๐š๐ซ๐š๐ฌ๐ข๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐ž๐ซ๐ข๐ง๐ญ๐š๐ก๐š๐ง ๐’๐ž๐ฆ๐ž๐ง๐ญ๐š๐ซ๐š, ๐›๐ž๐ซ๐ข ๐ญ๐š๐ก๐ฎ ๐ˆ๐ง๐๐จ๐ง๐ž๐ฌ๐ข๐š ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐ฆ๐ž๐ง๐ข๐ง๐ ๐ ๐š๐ฅ๐ค๐š๐ง ๐ฐ๐ข๐ฅ๐š๐ฒ๐š๐ก ๐ญ๐ž๐ซ๐ฌ๐ž๐›๐ฎ๐ญ


ABC News, Oleh Naseem Radmehr;

Separatis Papua Barat mengatakan mereka akan membentuk pemerintahan sementara baru untuk wilayah tersebut dan menolak pemerintahan Indonesia, dalam eskalasi signifikan dari pertempuran selama puluhan tahun untuk memperebutkan kemerdekaan.
United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) - sebuah koalisi kelompok kemerdekaan - membuat pengumuman pada hari yang memproklamirkan kemerdekaannya, yang ditandai pada 1 Desember setiap tahun.
Dikatakan pihaknya berencana untuk merebut kembali tanah itu, menunjuk perdana menteri dan kabinetnya sendiri, dan "tidak lagi tunduk pada aturan militer ilegal Jakarta".
Langkah tersebut merupakan puncak dari konflik kekerasan yang semakin meningkat antara separatis dan pihak berwenang Indonesia yang tidak berencana untuk melepaskan kendali atas wilayah tersebut.
Sebuah pulau terbagi selama beberapa dekade
Untuk memahami pertarungan ini dan beratnya pengumuman, Anda harus terlebih dahulu memahami sejarahnya.
Pulau New Guinea terbagi menjadi dua.
Separuh bagian kanan adalah bangsa Papua Nugini. Separuh bagian kiri (dimana provinsi Papua Barat dan Papua berada) merupakan bagian dari Indonesia.
Baik Papua Barat dan pulau-pulau lain di Indonesia pertama kali dijajah oleh Belanda.
Ketika Indonesia akhirnya merdeka pada tahun 1949, Papua Barat tidak ikut.
Pemerintah Belanda, yang mengakui bahwa orang Papua secara budaya dan etnis berbeda dengan orang Indonesia, mulai mempersiapkan Papua Barat untuk kemerdekaannya.
Pada tahap ini, bendera Bintang Kejora dikibarkan pertama kali pada 1 Desember 1961.
Perayaan itu berumur pendek, dan pada tahun 1963 Papua Barat diserap ke dalam Indonesia, dan bangsa baru tidak pernah terwujud. Maka, sebuah gerakan lahir.
Ray Andrews-Paul adalah seniman asli Papua kelahiran PNG yang pindah ke Australia dua tahun lalu.
Sejak usia dini, rasa ingin tahu membuatnya mempertanyakan mengapa rakyatnya, penduduk Melanesia di pulau New Guinea, dipisahkan oleh sebuah perbatasan, dan mengapa orang Papua yang tinggal di sisi barat tidak dapat menikmati kebebasan yang sama seperti yang ada di timur.
Inilah yang memicu hasratnya untuk perjuangan penentuan nasib sendiri di Papua Barat, dan sekarang didorong oleh apa yang dia dan orang lain katakan sebagai penderitaan yang sedang berlangsung dari sesama orang Papua yang masih tinggal di provinsi Indonesia.
"[Bendera] melambangkan awal yang baru, kelahiran bangsa baru," kata Andrews-Paul.
Dia sekarang berjuang untuk kemerdekaan melalui demonstrasi, aktivisme media dan tetap berhubungan dengan orang Papua Barat sehingga dia dapat menyiarkan pandangan mereka.
'Genosida, ekosida, etnosida'
Dalam beberapa tahun pertama di bawah pemerintahan kolonial, ribuan orang Papua tewas dalam bentrokan dengan militer Indonesia ketika perlawanan terhadap pendudukan Indonesia meningkat.
Sebuah plebisit yang diawasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa diselenggarakan pada tahun 1969, di mana orang Papua dapat memberikan suara apakah mereka ingin tetap menjadi bagian dari Indonesia atau merdeka.
Ini dikenal sebagai "Tindakan Pilihan Bebas", tetapi kemudian dijuluki "Suara Palsu" dan "Tindakan Tidak Memilih" oleh orang Papua.
"Hanya segelintir orang Papua yang dipilih dengan todongan senjata dan dipaksa untuk memilih tidak menjadi negara merdeka," kata Andrews-Paul.
Orang Papua memberikan suara dalam pemungutan suara Act of Free Choice pada tahun 1969. Banyak yang merasa pemungutan suara itu tidak adil.
ULMWP juga sependapat, dengan mengatakan militer Indonesia mengancam akan membunuh perwakilan Papua yang dipilih sendiri jika mereka memilih dengan cara yang salah.
Vonisnya bulat, dan disetujui oleh PBB - Papua Barat akan tetap menjadi bagian dari Indonesia.
Kampanye Free West Papua menuduh lebih dari 500.000 orang Melanesia telah dibunuh oleh militer Indonesia hingga saat ini di tengah pertempuran yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.
Ini tumbuh semakin mematikan sejak 2018 ketika separatis Papua Barat bersenjata menghadapi pasukan keamanan Indonesia.
Pada Agustus tahun lalu, protes oleh orang Papua Barat dengan cepat berubah menjadi kekerasan ketika demonstran dan keamanan Indonesia bentrok dan kelompok milisi bergabung dalam pertempuran.
Pemimpin perlawanan sipil Papua Barat Victor Yeimo tinggal di antara Papua Barat dan PNG dan sebelumnya telah dipenjara karena aktivitasnya di sekitar gerakan kemerdekaan Papua Barat.
"Genosida, ekosida, etnosida masih berlangsung, sangat, sangat serius hari ini di Papua Barat," katanya, merujuk pada klaim yang berulang kali dibantah oleh Indonesia.
Mr Yeimo menuduh bahwa baru-baru ini pada tanggal 20 November tahun ini, di distrik Ilaga, Papua, dua siswa berusia 17 tahun ditembak - satu secara fatal - oleh pasukan Indonesia.
"Dua pemuda [kembali] ke rumah untuk merayakan Natal lalu Brigade Mobile [unit operasi khusus Polri] menghentikan mereka dan mereka menembak mereka," katanya.
Satu tewas dan yang lainnya lolos "dengan tiga peluru di tubuhnya".
Pihak berwenang Indonesia telah menolak klaim ini dan malah menuduh penembakan itu dilakukan oleh "kelompok separatis bersenjata".
Mr Yeimo menegaskan ini bukan insiden yang terisolasi, dan mengatakan bahkan orang Papua Barat yang kadang-kadang tampak hidup normal di Indonesia merindukan kebebasan.
"Mereka tinggal di Indonesia, jadi mereka perlu berjalan bersama Indonesia untuk mendapatkan kehidupan ... tapi dalam semangat mereka berjuang untuk kemerdekaan," katanya.
Indonesia telah berulang kali membantah pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat.
Ketika ditanya apakah mengaku pernah melanggar hak asasi manusia Melanesia di Papua Barat, Kedutaan Besar Indonesia di Canberra mengatakan kepada ABC: "Indonesia berkomitmen dalam kewajibannya untuk melindungi semua warganya, termasuk di Papua dan Papua Barat.
"Setiap tuduhan pelanggaran hak asasi manusia akan diselidiki, dan pelakunya akan bertanggung jawab atas kejahatan tersebut sesuai dengan hukum yang berlaku."
Terhadap bantahan ini, Raki Ap, pemimpin kampanye Free West Papua di Belanda, memiliki tanggapan sederhana kepada Indonesia: izinkan media asing masuk dengan bebas.
"Jika tidak ada yang disembunyikan, buka Papua Barat," katanya.
Laporan Amnesty International 2020 menemukan jurnalis asing menghadapi pembatasan dan pelecehan saat melaporkan di Papua, menciptakan kondisi untuk perang rahasia yang akan dilancarkan.
Kedutaan Besar Indonesia menolak hal ini, dengan menyatakan bahwa sejak 2015 media diizinkan mengunjungi Papua sebebas wilayah Indonesia mana pun.
Pemerintahan baru diumumkan
Pengumuman ULMWP hari ini tentang "pemerintahan sementara" di Papua Barat akan meningkatkan ketegangan dengan Indonesia.
ULMWP adalah koalisi dari berbagai faksi politik yang berjuang untuk kemerdekaan selama bertahun-tahun.
Persatuan dalam gerakan ini menonjol dalam dirinya sendiri, dan merupakan peningkatan dramatis dalam aspirasi penyebabnya.
Ia sebelumnya telah mengumumkan konstitusi sementara yang menguraikan bagaimana ia ingin mengatur dirinya sendiri.
ULMWP mengatakan "pemerintahan yang sedang menunggu" pertama-tama ingin mengadakan referendum kemerdekaan.
Jika itu disahkan, dikatakan akan menggunakan legitimasi itu untuk menguasai wilayah dan menyelenggarakan pemilihan umum yang demokratis.
Presiden interimnya adalah seorang pria bernama Benny Wenda, seorang aktivis politik Papua Barat yang tinggal di pengasingan di Inggris Raya.
"Pemerintah sementara ini menyatakan kehadiran negara Indonesia di Papua Barat ilegal," kata Wenda dalam sebuah pernyataan.
"Kami menolak undang-undang apa pun, yang diberlakukan oleh Jakarta, dan kami tidak akan mematuhinya.
"Kita punya konstitusi sendiri, undang-undang kita sendiri, dan pemerintahan kita sendiri sekarang. Sudah waktunya negara Indonesia pergi."
Itu terjadi seiring dengan keinginan Indonesia untuk memperpanjang undang-undang Otonomi Khusus tahun ini.
Undang-undang ini diberlakukan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2001.
Ini dirancang untuk memberikan "kewenangan khusus" kepada provinsi Papua "untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat".
Tetapi aktivis Papua yang memperjuangkan kemerdekaan mengatakan hanya referendum yang dapat memberikan solusi yang dibutuhkan Papua Barat.
Mr Andrews-Paul menyambut baik pengumuman dari ULMWP, dengan mengatakan itu "sangat signifikan".
"[Ini] momen bersejarah yang menjadi titik balik bagi rakyat saya dan perjuangan mereka untuk bangsa yang memang layak mereka dapatkan," katanya.
"Saya tidak bisa berkata-kata. Surat Benny Wenda sangat kuat sehingga saya menangis. Kami memiliki kekuatan dan kekuatan yang dibutuhkan untuk mengatur diri kami sendiri dan kami sangat dekat sekarang.
"Saya khawatir semua orang Papua merayakan hari kemerdekaan mereka, terutama karena kekerasan yang mungkin mereka derita dalam merangkul pemerintahan sementara.
"Tapi tidak ada yang akan menghentikan orang-orang saya untuk mengungkapkan kebanggaan dan semangat mereka untuk menjadi orang Papua dan menjalankan keinginan mereka untuk mendirikan kemerdekaan resmi."
Indonesia tidak akan menyerah begitu saja
Setiap tahun, perjuangan kemerdekaan menjadi semakin mendesak bagi orang Papua karena perubahan iklim dan penggundulan hutan.
Seperti banyak belahan dunia lainnya, lanskap Papua Barat diserahkan untuk proyek pembangunan.
Andrews-Paul mengatakan dalam banyak kasus, masyarakat adat "tertipu" untuk menyerahkan tanah mereka dengan janji yang tidak dipenuhi.
“Indonesia telah mengeksploitasi sumber daya alam kita dan membunuh ribuan kita, padahal kita masyarakat adat tahu bagaimana melindungi bumi,” katanya.
"Nugini adalah rumah bagi hutan hujan terbesar ketiga di dunia, yang menjembatani Papua Barat dan PNG, tetapi sedang diserang."
Provinsi Papua juga membanggakan tambang emas terbesar di dunia, tetapi penduduknya tetap termasuk yang termiskin di Indonesia.
"Inilah sebabnya mengapa orang Papua Barat berjuang untuk hak menentukan nasib sendiri. Kami hanya ingin pulau kami kembali," kata Andrews-Paul.
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, menolak legitimasi Wenda dan langkah ULMWP untuk membentuk pemerintahan sementara.
"Dengan dalih apa seseorang bernama Benny Wenda membuat status memproklamirkan diri sebagai wakil rakyat Indonesia di Papua?" katanya kepada ABC.
“Kembalinya Papua ke Indonesia sebagai negara penerus Hindia Belanda; koloni yang membentang dari barat di Aceh hingga timur di Papua; sudah final.
"Proses pemindahan atau pengembalian Papua dari Belanda ke Indonesia diawasi oleh PBB, termasuk melalui adopsi resolusi PBB."
Untuk saat ini, para aktivis berharap acara pengibaran bendera Bintang Kejora hari ini akan menarik perhatian internasional kepada perjuangan yang telah mencapai titik kritis.
"Resikonya besar jika ingin merayakannya," kata Raki Ap.
“Tapi karena momentum global, banyak orang West Papua yang berani ... karena sentimen begitu dalam di setiap Pribumi West Papua.
"Keinginan untuk kebebasan ada di mana-mana."

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies