Type Here to Get Search Results !

Mengapa Vanuatu adalah salah satu 'negara yang paling bahagia' di dunia?

 Bill Code dan Luana Harumi
BBC Travel

Meskipun rentan terhadap bencana alam, Vanuatu, negara di kepulauan Pasifik, adalah salah satu tempat paling bahagia di dunia.

Vanuatu, negara berbentuk katapel, terdiri lebih dari 80 pulau dan terletak sekitar 2.000 km timur dari Australia.

Vanuatu ada di peringkat empat besar negara paling bahagia di dunia - dan yang paling bahagia di luar Amerika - menurut Indeks Happy Planet.

Peringkat tersebut mempertimbangkan tingkat kesejahteraan, usia harapan hidup, dan kesetaraan suatu negara, bersama dengan keberlangsungan lingkungannya.

Sejak kemerdekaannya dari pemerintahan bersama Perancis dan Inggris pada tahun 1980, semua tanah di Vanuatu adalah milik penduduk asli 'ni-Vanuatu' dan tidak dapat dijual kepada orang asing.

Sebuah survei tahun 2011 oleh Kantor Statistik Nasional Vanuatu (VNSO) mengindikasikan bahwa orang-orang yang memiliki hak kepemilikan atas tanah, rata-rata, lebih bahagia daripada mereka yang tidak memilikinya.

'Orang-orang yang memiliki hak kepemilikan atas tanah, rata-rata, lebih bahagia daripada mereka yang tidak memilikinya'.
Saat ini, sekitar tiga perempat dari 298.000 penduduk di negara itu tinggal di daerah pedesaan, dan mayoritas penduduk pulau memiliki akses ke tanah di mana mereka dapat hidup dan bercocok tanam.

Pemimpin warga, Kalulu Taripoawia, mengatakan dalam tradisinya, warga bekerja di ladang sejak kecil.

"Itu membuat kami dapat makan dan kami bahagia menggarap lahan kami sendiri," ujarnya.

Novelis Vanuatu, Marcel Merthelorong, mengatakan warga Vanuatu sangat menghargai lingkungan.

"Kebahagiaan kami adalah konsekuensi penghargaan kami terhadap lingkungan, bagaimana kami mengelola lahan dan air," ujarnya.

'Tidak bergantung pada uang'
Survei yang sama menemukan bahwa barang-barang seperti babi, ubi dan kava, tanaman Pasifik Selatan (sejenis tanaman lada yang kadang-kadang digunakan untuk menghilangkan stres dan kecemasan) mudah diakses dan ditukar di Vanuatu tanpa uang.

Seorang seniman Vanuatu, Sero Kuatonga, mengatakan masyarakat Vanuatu tidak memandang uang seperti banyak orang-orang di negara lainnya.

"Kami tidak terlalu bergantung pada uang, seperti orang-orang di negara-negara lain," ujarnya.

"Ketika uang mereka habis, mereka akan stres."

Warga Vanuatu bekerja di ladang sejak mereka kecil.
Sumber kebahagiaan lain adalah hubungan kuat penduduk pulau itu dengan tradisi dan beragam lanskap kepulauan, yang terdiri dari pegunungan berbatu hingga terumbu karang.

"Vanuatu" berarti "Tanah kami selamanya" dalam bahasa asli Vanuatu.

Ada 139 bahasa asli yang digunakan oleh ni-Vanuatu - menjadikannya negara ini salah satu negara dengan bahasa daerah paling banyak di dunia.

Seorang seniman Vanuatu, Sero Kuatonga, mengatakan bahasa asli adalah kebanggan warga Vanuatu.

"Kami bahagia karena bahasa kami, bukan karena kami memiliki rumah yang bagus," ujarnya.

Bahasa asli Vanuatu adalah bahasa utama yang digunakan oleh 92% ni-Vanuatu dan sebagian besar penduduk memiliki pemahaman yang kuat tentang siklus penanaman tradisional, sejarah keluarga, dan pentingnya flora dan fauna.

Risiko bencana alam
Namun, negara ini masih menghadapi beberapa tantangan.

Terletak di Cincin Api Pasifik, Vanuatu sangat rentan terhadap bencana alam, dan dalam beberapa tahun terakhir pulau-pulau ini terancam oleh naiknya permukaan laut dan perubahan pola cuaca.

Faktanya, kepulauan ini dianggap sebagai negara paling berisiko di dunia terkait kemungkinan bencana alam, menurut sebuah laporan tahun 2014 oleh Universitas PBB.

Pada 2015, Topan Pam melanda seluruh pulau, menyebabkan kerusakan parah dan menyebabkan 75.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Namun, penduduk dengan cepat mulai membangun kembali desa-desa, menunjukkan ketahanan mereka yang kuat.

"Kami maju terus, kami melanjutkan hidup, dan inilah kami," kata seorang warga Dorothy Hamish.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Top Post Ad

Below Post Ad

Hollywood Movies